Minggu, 25 Desember 2011

STYROFOAM ? NO, THANKS !


Pernah mendengar nama polisterina foam ? Mungkin terdengar aneh ... Tapi kalo Styrofoam ? Pasti sudah sering dengar kan .. Sebenarnya Styrofoam adalah nama merek dari Dow Chemicals. Awalnya Styrofoam ini diproduksi sebagai insulator pada bahan konstruksi bangunan, bukan untuk kemasan makanan.

STYROFOAM ITU BERBAHAYA LHO ... !!!

1. Polisterin foam dibuat dari campuran 90-95% polisterin dan 5-10% gas dengan menggunakan blowing agent seperti CFC (freon) yang merusak lapisan ozon.
2. Jika polisterin foam digunakan untuk mengemas makanan dalam suhu tinggi, memungkinkan monomer stirena untuk berpindah kedalam makanan dan masuk kedalam tubuh manusia yang mengkonsumsi dan dalam jangka waktu panjang dapat berpengaruh pada system syaraf pusat, dapat membahayakan janin pada ibu hamil, dan bahkan dapat menyebabkan kanker lho !
3. Polisterin foam juga mencemari lingkungan karena
TIDAK DAPAT TERURAI DI ALAM dan TIDAK DAPAT DI DAUR ULANG .

4. Jika ingin dihancurkan, membutuhkan teknologi tinggi, mahal, dan menghasilkan gas beracun serta emisi karbon yang tinggi pula.
5. Di pesisir utara Jakarta setiap harinya menampung genangan sampah yang didominasi oleh genangan sampah polisterin foam bekas pakai dan sampah plastik lainnya.

APA YANG BISA KITA LAKUKAN 
1. Mengurangi sampah dan memilih produk dengan minimal kemasan.
2. Tolak Styrofoam dengan memilih kemasan yang lebih ramah lingkungan. Usahakan untuk membuat kotak makan, tas belanja, dan botol minum sendiri untuk mengurangi sampah.
3. Gabungan dengan kampanye " STYROFOAM ? NO, THANKS ! "
4. Sebarkan informasi ini kepada teman-teman yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar